Mengenal Syarat Wajib Dan Rukun Puasa Ramadhan

Mengenal Syarat Wajib Dan Rukun Puasa Ramadhan – Setiap ibadah dalam agam Islam, termasuk juga puasa Ramadhan, dianggap sah jika telah memenuhi syarat wajib dan rukunnya. Kewajiban berpuasa adalah salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat wajib.

Berikut 5 syarat wajib puasa Ramadhan yang harus diketahui :

  1. Beragama Islam

Karena puasa termasuk rukun Islam, maka yang wajib menunaikan ibadah puasa Ramadhan hanya orang muslim dan muslimah saja.

Syarat keislaman tersebut dijelaskan dalam hadis yang diriwiyatkan dari Abdullah bin ‘Umar bin Khattab Ra yang berkata bahwa, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Islam didirikan dengan 5 hal, yaitu persaksian tiada Tuhan selain Allah SWT dan Muhammad adalah utusan-Nya, didirikannya sholat, dikeluarkannya zakat, dikerjakannya haji di Baitullah (Kabah), dan dikerjakannya puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Balig

Syarat wajib puasa kedua adalah mereka yang telah mencapai balig atau pubertas. Bagi laki laki akan ditandai dengan keluarnya sperma dari kemaluannya, baik dalam keadaan tidur maupun terjaga. Sedangkan bagi perempuan, ditandai dengan haid atau menstruasi.

Dalam uraian “Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadhan” yang ditulis oleh Ustaz Syaifullah Amin di NU Online, bagi laki-laki dan perempuan yang belum keluar sperma dan belum haid atau menstruasi, maka batas minimal mereka bisa dibilang balig jatuh pada usia 15 tahun dari usia kelahiran.

  • Berakal Sehat

Syarat wajib puasa yang ketiga adalah bagi seorang muslim yang telah balig serta memiliki akal sehat, sempurna, dan tidak gila. Selain itu, tidak mengalami gangguan mental dan juga tidak hilang kesadaran. 

Syarat kebaligan dan akal sehat itu berdasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW : “Tiga golongan yang tidak terkena hukum syar’i : orang yang tidur sampai ia terbangun, orang yang gila sampai ia sembuh, dan anak anak sampai ia baligh.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

  • Mampu Menunaikan Ibadah Puasa

Jika seorang muslim tidak mampu menjalankan puasa karena sebab tertentu, maka ia wajib menggantinya (qadha) dibulan berikutnya atau membayar fidiah. Ketidakmampuan berpuasa tersebut bisa terjadi karena perjalanan berat (musafir), sakit, hamil dan menyusui, serta berusia tua atau sudah renta.

  • Mengetahui Awal Ramadhan

Syarat wajib puasa yang terakhir adalah mengetahui awal Ramadhan dan hari pertama puasa sampai sebulan penuh. Untuk menetapkan awal Ramadhan, bisa bersumber pada hilal. Tapi jika hilal tidak bisa dilihat karena tebalnya awan, maka untuk bisa menentukan awal bulan Ramadhan bisa dengan cara menyempurnakan hitungan tanggal bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

Rujukannya adalah pada hadis Nabi Muhammad SAW : “Berpuasa dan berbukalah karena melihat hilal, dan apabila hilal tertutup awan maka sempurnakanlah hitungannya bulan menjadi 30 hari.” (HR. Bukhari).

Meski begitu, sebagian ulama berpendapat bahwa penentuan awal Ramadhan bisa dilakukan tanpa menggunakan metode rukyatul hilal (melihat bulan), yang dengan cara hisab.

Setelah memenuhi syarat wajib, orang yang akan menjalankan ibadah puasa harus memenuhi rukun puasa supaya ibadah yang ditunaikan sah dan diterima Allah SWT. Rukun puasa ada 2 yaitu :

  1. Niat Puasa

Setiap muslim yang hendak berpuasa disunahkan melafazkan bacaan niatnya. Adapun bacaan niat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut :

Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala.

Artinya : “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

  • Menahan Diri Dari Hal Hal Yang Membatalkan Puasa

Ada beberapa hal yang membatalkan puasa yaitu makan-minum, hubungan suami istri disiang hari, muntah disengaja, keluar mani disengaja, haid, nifas, dan murtad keluar dari Islam.

15 replies to Mengenal Syarat Wajib Dan Rukun Puasa Ramadhan

  1. Купить водительские права не проблема, компания prava112 предлагает своим клиентам быстрое, а самое главное законное, оформление водительского удостоверения.

    https://www.pinterest.ie/pin/922252829913090107/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *